ANALISA KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK KATERING DI IBU DJOKO CATERING

  • FX Setiyo Wibowo
  • Yogi Bachtiart

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Ibu Djoko Catering Jakarta yang    beralamat di Jalan Raya Cilandak Kko No.41, RT.13/RW.5, Ragunan, Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12550. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan pelanggan pada Ibu Djoko Catering dan untuk mengetahui faktor manakah yang paling dominan terhadap kepuasan pelanggan. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian dengan menggunakan sampel yang berasal dari konsumen Ibu Djoko Catering yang berjumlah 50 orang dengan menggunakan metode pneelitian kualitatif, menggunakan purposive sampling dengan skala Likert sebagai skala pengukuran dan metode analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kepuasan pelanggan pada variabel kualitas produk dan kualitas pelayanan di Ibu Djoko Catering. Hal ini dibuktikan dengan jumlah bobot Puas sebanyak 378, Sangat Puas sebanyak 138, Cukup Puas sebanyak 288, Tidak Puas sebanyak 8 dan Sangat Tidak Puas sebanyak 2 poin. Rekomendasi yang dapat penulis gunakan adalah untuk lebih meningkatkan kepuasan pelanggan hendaknya pihak perusahaan dapat lebih meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan. Adanya pelayanan yang memuaskan , kemudahan, kecepatan pelayanan, keramahan, dan akan membuat konsumen merasa lebih puas. Untuk itu diharapkan Ibu Djoko Catering memperhatikan hal ini dengan baik.

Kata Kunci : Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Produk Katering

Published
2018-06-17
How to Cite
Wibowo, F. S., & Bachtiart, Y. (2018). ANALISA KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK KATERING DI IBU DJOKO CATERING. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 3(2), 253-268. Retrieved from http://journal.stpsahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/289