DAMPAK PARIWISATA TERHADAP SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI SEKITAR OBYEK WISATA THE LODGE MARIBAYA KABUPATEN BANDUNG BARAT

  • Maryetti Maryetti
  • Cyndy Bella Claudia Mahoni

Abstract

Dampak Pariwisata Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat Di Sekitar Obyek Wisata The Lodge Maribaya Kabupaten Bandung Barat”. Proyek Akhir, Jurusan Usaha Perjalanan Wisata D-IV Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid sebuah penelitian berlokasi di Kabupaten Bandung Barat. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah sejauh mana dampak pariwisata terhadap sosial ekonomi masyarakat di sekitar obyek wisata The Lodge Maribaya Kabupaten Bandung Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Dampak Pariwisata Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat Di Sekitar Obyek Wisata The Lodge Maribaya Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini mengambil lokasi di Kp. Babakan Gentong, Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu pengamatan atau observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Kabupaten Bandung Barat merupakan Kabupaten yang mempunyai potensi pariwisata yang baik terutama dari sumber daya alamnya. Berbagai sumber daya alam tersebut dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam kegiatan yang bisa untuk di nikmati oleh semua orang. Salah satu dampak yang di timbulkan oleh adanya obyek wisata ini berupa pertukaran ilmu pengetahuan dan penambahan devisa negara. Dan dapat dilihat dari aspek sosial ekonomi yaitu pendidikan, pekerjaan, pendapatan dan kesejahteraan. Sehingga dengan adanya obyek wisata The Lodge Maribaya masyarakat dapat memanfaatkan kondisi yang ada untuk meningkatkan kehidupan masyarakat di sekitar Obyek Wisata The Lodge Maribaya Kabupaten Bandung Barat.

 Kata Kunci : Dampak pariwisata, sosial ekonomi, masyarakat lokal, obyek wisata the lodge maribaya, kabupaten bandung barat.

Published
2018-06-15
How to Cite
Maryetti, M., & Claudia Mahoni, C. (2018). DAMPAK PARIWISATA TERHADAP SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI SEKITAR OBYEK WISATA THE LODGE MARIBAYA KABUPATEN BANDUNG BARAT. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 3(2), 269-278. Retrieved from http://journal.stpsahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/290